Amankan Pemilu 2024, Pj Gubernur Kaltim Serahkan 17 Ribu Satlinmas ke Polda Kaltim

Bagikan :

Mahakata.com – Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, menyerahkan 17.073 personel Pasukan Penyerahan Bawah Kendali Operasi (BKO) Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kaltim ke Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim.

Penyerahan 17 ribu personel satlinmas ke Polda Kaltim ini dalam rangka membantu pengamanan Pemilu dan Pilpres 2024.

Akmal Malik mengatakan setiap petugas pengamanan Pemilu melaksanakan tugasnya berdasarkan standar operasional prosedur (SOP), cepat, tepat, cermat dan terukur dengan hasil maksimal.

“Saya mengajak seluruh anggota Satlinmas untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi, profesionalisme, dan integritas,” kata Akmal Malik

“Jadikan kehadiran kalian sebagai penjamin keamanan dan ketertiban, sehingga masyarakat dapat merasakan suasana Pemilu yang damai dan tenteram. Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa Kalimantan Timur adalah daerah yang damai dan demokratis,” lanjutnya.

Brigjen Polisi Mujiyono, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kaltim mengungkap pihaknya segera mengadakan operasi Mantap Brata yang tujuannya mengamankan Pemilu serentak.

“Kita tahu tahapan pemilu yaitu tanggal, hari pemungutan dan penghitungan suara. Disitulah Satlinmas bersama Polri mengamankan TPS dan penghitungan suara,” ungkapnya.

Selain itu, Mujiyono menjelaskan tempat pemungutan suara (TPS) di bagi 4 katagori, yaitu Sangat Rawan maka ditempatkan 2 polisi bersama 4 Linmas  mengamankan 1 TPS.

Kategori Rawan, maka 2 polisi bersama 4 Linmas mengamankan 2 TPS, kategori Kurang Rawan ada 2 polisi bersama 32 Linmas mengankan 16 TPS dan kategori TPS Khusus dijaga 2 polisi bersama 4 Linmas mengamankan 1 TPS. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *