Tol Balikpapan-IKN Rampung Juli 2024, Waktu Tempuh Jadi 30 Menit

Bagikan :

Mahakata.com – Akses jalan Tol Balikpapan-Ibu Kota Nusantara (IKN) disebut akan rampung pada Juli 2024.

Kehadiran Tol Balikpapan-IKN ini akan memangkas waktu perjalanan dari sebelumnya hingga dua jam menjadi 30 menit.

“Pada keadaan normal Balikpapan ke IKN Nusantara 1,5 jam sampai 2 jam, kadang-kadang terasa sangat jauh sekali kalau baru sekali datang ke IKN. Tapi nantinya apabila jalan tolnya telah jadi sepanjang kurang 47 km, kita hanya memerlukan waktu 30 menit dari Balikpapan ke IKN Nusantara,” kata Presiden Jokowi, Rabu (17/1/2024).

Apalagi jika Bandara IKN Nusantara selesai, waktu tempuh keduanya hanya memakan waktu 15 menit.

“Plus nanti airportnya jadi, dari airport baru ke titik kawasan inti, kawasan Nusantara hanya perlu waktu 15 menit,” sambungnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeinginan merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Terkait akomodasi penginapan tamu, ia yakin 1-2 pembangunan hotel bisa selesai dikerjakan.

Menurutnya, para tamu bisa menginap di Balikpapan karena jalan tol Balikpapan ke Nusantara sepanjang 47 km ditargetkan bisa selesai Juli 2024. Namun, alangkah baiknya ada hotel yang telah selesai dibangun di IKN.

“Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di ibu kota Nusantara. Pertanyaannya tamu-tamunya nginep di mana? Bisa di Balikpapan karena jalan tolnya sepanjang 47 km juga insya Allah di bulan Juli sudah selesai,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *