Tangani Kelangkaan Tabung Gas Subsidi, Pertamina Akan Tambah Penyaluran 30.800 Tabung Gas

Bagikan :

Mahakata.com – Terjadi kelangkaan tabung gas 3 kilogram di sejumlah wilayah di Kaltim.

PT Pertamina mengkonfirmasi terjadi peningkatan konsumsi tabung gas subsidi LPG 3 kilogram imbas Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Mencegah kelangkaan tabung gas subsidi di Kaltim, Pertamina Patra Niaga akan menyalurkan 800 ribu tabung gas ada Januari ini ke pangkalan resmi.

Data Pertamina pada 2 hingga 7 Januari 2024, Pertamina Patra Niaga sudah menyalurkan 449 Matriks Ton (MT), atau rata-rata sekitar 89 MT per hari, atau sekitar 29.900 tabung per hari

“Saat ini memang terjadi tren peningkatan konsumsi LPG 3 kg pasca libur Natal dan Tahun Baru. Selain itu, pembelian di pangkalan resmi PT Pertamina Patra Niaga, diwajibkan daftar menggunakan KTP sesuai dengan kebijakan pemerintah terbaru per 1 januari 2024,” kata Arya Yusa Dwicandra, Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga.

Selanjutnya, Pertamina Patra Niaga akan menyiapkan penambahan jumlah tabung gas subsidi sebesar 30.800 tabung gas.

Tambahan tabung gas ini mulai disalurkan pada 9 hingga 12 Januari 2024, khusus untuk pangkalan-pangkalan resmi Pertamina.

“Kota Samarinda untuk bulan Januari 2024 rencananya akan disalurkan sebanyak 800 ribu tabung,” jelasnya.

“Kami juga mewajibkan setiap pangkalan untuk menyediakan LPG non subsidi, sebagai subtitusi atau pengganti seandainya ada kendala stok LPG 3 kg subsidi di pangkalan tersebut,” lanjutnya.

Pihaknya menekankan agar seluruh pangkalan resmi Pertamina untuk selalu menyediakan LPG ke masyarakat.

“Kalau ditemukan adanya kelalaian di pangkalan resmi, maka bukan tidak mungkin akan diberikan sanksi hingga pemutusan hubungan usaha pangkalan LPG,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *