Resmikan Terminal Samarinda Seberang, Presiden Jokowi Sentil Kemacetan Kota Tepian

Bagikan :

Mahakata.com – Agenda pertama kunjungan kerja ke Kaltim, Presiden Jokowi meresmikan Terminal Tipe A Samarinda Seberang, Rabu (28/2/2024).

Peresmian ditandai dengan penekanan klakson dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi yang disaksikan tamu undangan dan ribuan masyarakat yang hadir memenuhi kawasan sekitar Terminal Samarinda Seberang.

Dalam sambutan Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi atau angkutan umum ketika hendak bepergian, baik di dalam kota maupun keluar kota.

Hal tersebut tidak lain untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di kota-kota.

“Samarinda, sudah terlihat macet dimana-mana. Transportasi massal atau angkutan umum harus diperbanyak agar penggunaan kendaraan pribadi berkurang. Belajar dari Jakarta, kota-kota lainnya harus bersiap diri untuk mengantisipasi kemacetan itu,” kata Jokowi.

Termasuk dengan diresmikannya Terminal Samarinda Seberang, sebut Jokowi, harus bisa mendorong lebih banyak masyarakat untuk menggunakan transportasi atau angkutan umum ketika akan bepergian di dalam kota, keluar kota atau antar kota antar provinsi.

“Terminalnya sudah bersih, rapi, tertata dan diharapkan dapat mendorong masyarakat berbondong-bondong menggunakan transportasi umum. Bisa berpergian ke Balikpapan atau ke Banjarmasin dari Samarinda,” jelas Jokowi.

Terminal Samarinda Seberang merupakan terminal tipe A, yang melayani rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tujuan Samarinda-Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Bangunan baru Terminal Samarinda Seberang luasnya 3.600 meter persegi, yang berada di bawah naungan BPTD Provinsi Kalimantan Timur.

Terminal ini dibangun di lahan 6.682 meter persegi dan telah melayani 3.137 unit kendaraan dengan 51.338 penumpang pada 2020. Revitalisasi area parkir bus, loket, tempat pemeriksaan kesehatan, drop area, dan lainnya dilakukan pada tahun 2022. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *