Progres Pembangunan IKN Tahap Satu Capai Angka 70 Persen

Bagikan :

Mahakata.com – Memasuki pertenghan Januari 2024, progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Tahap 1 telah mencapai angka 70 persen.

“Sudah 70 persen lebih progres pembangunan Tahap 1,” kata Danis Sumadilaga, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Minggu (14/1/2024).

Pembangunan IKN Tahap 1 berfokus pada sejumlah infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Salah satu proyek yang termasuk di dalamnya ialah pembangunan istana negara dan lapangan upacara. Danis mengatakan, berdasarkan catatan per 4 Januari 2024, progresnya sudah mencapai 53,7 persen.

“Khusus pembangunan lapangan upacara progres sudah mencapai 65,78 persen,” lanjutnya.

Hingga saat ini telah dilakukan pekerjaan galian drainase, pemasangan geotekstil, pemasangan pipa perforated, penghamparan media tanam pasir dengan ketebalan 250 mm, serta penanaman rumput dengan metode stolon dan secara paralel dilakukan perawatan rumput yang sudah tertanam di lapangan upacara.

Selanjutnya untuk pembangunan Kantor Presiden, progresnya sudah mencapai 69 persen.

Danis menjelaskan, saat ini proyek tersebut sedang dalam proses pekerjaan pemasangan rangka selubung dan bilah Garuda, serta pekerjaan elevated road. Sedangkan pekerjaan struktur bangunan utama sudah topping off.

Sementara itu, Danis turut menjabarkan progres pembangunan Rumah Susun ASN dan Hankam.

Dalam rencananya, akan ada 47 tower yang dibangun dan ditargetkan rampung sebagian pada Juni 2024 mendatang.

Hal ini selaras dengan periode perpindahan ASN ke IKN yang ditargetkan mulai dilakukan pada bulan tersebut.

Danis mengatakan, progres pembangunannya Rusun ASN 1 sudah mencapai 26,14 persen, Rusun ASN 2 mencapai 22,89%, Rusun ASN 3 mencapai 26,83 persen, Rusun ASN 4 mencapai 29,91 persen, Rusun Paspampres mencapai 27,48 persen, dan Rusun Polri BIN mencapai 26,21 persen.

“Rata-rata sedang dalam tahap pekerjaan cut and fill, struktur bawah, dan beberapa tower sudah masuk ke lantai podium,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *