Persikutim Raih Gelar Juara Turnamen Sepak Bola Soeratin U-15 Zona Kaltim 2023 di IKN

Bagikan :

Mahakata.com – Kompetisi Piala Kepala Otorita IKN Soeratin U-15 Zona Kalimantan Timur (Kaltim) 2023 resmi berakhir.

Dalam partai final Turnamen Sepak Bola Piala Soeratin U-15 Zona Kaltim, mempertemukan Persikutim (Kutim) melawan Balikpapan United.

Pada laga pamungkas itu, Persikutim berhasil meraih gelar juara Piala Soeratin U-15 Zona Kaltim, usai menumbangkan Balikpapan United dengan skor 1-0.

Posisi ketiga diisi Penajam Utama Nusantara setelah menang atas Club Pemuda dari Kutai Kartanegara (Kukar).

Kompetisi ini diikuti sebanyak sepuluh tim dan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 20 hingga 30 November 2023 kemarin di Stadion Panglima Sentik, Penajam Paser Utara (PPU).

“Selamat kepada atlet-atlet masa depan kita karena telah berhasil meraih prestasi dengan cara yang sportif,” kata Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santor Adiwidjaja.

Dirinya menjelaskan lahirnya klub pemenang di kompetisi ini merupakan wujud keikutsertaan Otorita IKN bersama PSSI untuk memperbaiki prestasi sepak bola nasional, khususnya di Kaltim.

“Ini wujud dari bagaimana kita ingin membangun masa depan bersama adik-adik millennial dan zillennial di sekitar Nusantara dengan segala prestasi mereka, salah satunya prestasi sepak bola,” lanjutnya.

Sementara itu, Alimuddin, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, mengungkap kegiatan ini merupakan kesinambungan untuk pembinaan anak usia dini di Kaltim.

Selanjutnya, Persikutim akan mewakili Kaltim di tingkat nasional, selain itu juga klub juara pertama boleh mengambil pemain dari club lain untuk memperkuat timnya.

Jadi mereka selain membawa nama klub di tingkat nasional, juga menjadi duta Kaltim dan harapannya mereka dapat menorehkan prestasi terbaik di Soeratin U-15 Nasional.

“Rencananya akan dijadikan piala bergilir setiap tahun dengan porsi yang berbeda dan bisa mencakup hingga nasional dengan kelompok umur yang lebih tinggi lagi,” ungkapnya.

Selain memperebutkan posisi juara, dalam kompetisi ini juga diberikan beberapa kategori pemenang lainnya, yakni pemain terbaik, top scorer dan kiper terbaik.

Dimana kompetisi Soeratin U-15 Zona Kaltim ini merupakan bagian dari event nasional yang masuk dalam zona Kaltim untuk memperebutkan piala Kepala Otorita IKN dan merupakan bentuk pelayanan pemberdayaan kepada masyarakat lokal khususnya di bidang olahraga. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *