Pemkot Samarinda Rencanakan Pembangunan Jalan dan Pelabuhan Palaran

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkot Samarinda merencanakan pembangunan jalan dan pelabuhan di Kecamatan Palaran.

Rencana pembangunan infrastruktur ini dalam rangka mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

Syam Saimun, Asisten II Sekkot Samarinda, mengatakan pembangunan jalan dan pelabuhan di Palaran merupakan salah satu prioritas pembangunan infrastruktur di Samarinda.

Infrastruktur ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan mobilitas antar wilayah, serta mengembangkan potensi ekonomi dan perdagangan di kawasan tersebut.

“Kita ingin membangun jalan dan pelabuhan yang benar-benar diperuntukkan untuk kegiatan ke pelabuhan dan kegiatan perdagangan, sehingga tidak mengganggu aktivitas publik yang ada saat ini,” kata Syam Saimun.

Syam menjelaskan pembangunan jalan dan pelabuhan di Palaran akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan ketersediaan anggaran dan lahan.

Pihaknya telah melakukan kajian dan pertemuan di lapangan untuk menentukan lokasi dan desain pembangunan.

“Di tahun 2024 ini kita buatkan perencanaannya, mungkin ada berapa rumah yang dibebaskan untuk nanti akan kita lakukan pembebasan lahan. Insyaallah di 2025 kalau tidak sempat di tahun ini, Pemerintah Kota bisa melaksanakan kegiatan pembangunan,” jelasnya.

Selain itu, pembangunan jalan dan pelabuhan di Palaran juga memperhatikan dampak sosial dan kemasyarakatan yang ditimbulkan.

“Yang penting kita ada resolusi dampak sosial maupun kemasyarakatan, kita selesaikan terlebih dahulu,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *