Pemkot Samarinda Bangun Pecinaan di Kota Tepian, Dibangun 2024 Jadi Pusat Ekonomi dan Budaya Tionghoa

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkot Samarinda memastikan mulai membangun pecinaan atau Little Chinatown di Kota Tepian mulai awal 2024 ini.

Hal itu seperti yang disampaikan Andi Harun, Wali Kota Samarinda.

“Melalui Dinas PUPR Samarinda merencanakan mengembangkan Little Chinatown yang melibatkan kawasan integral dari Jalan P. Suriansyah hingga Jalan Niaga Timur,” kata Andi Harun, Senin (1/1/2024.

Menurutnya, lokasi di jalan tersebut merupakan bagian dari kawasan pecinan yang bersejarah sejak abad ke-19, berlokasi di dekat Pelabuhan Samarinda.

Ia menjelaskan bahwa Kelenteng Thien Ie Kong yang berdiri sejak 1880 akan menjadi salah satu situs bersejarah yang diperbarui di kawasan ini.

Selain itu, merencanakan perbaikan trotoar, jaringan jalan, dan drainase, serta pembangunan pusat kuliner Tionghoa juga akan dilakukan sebagai bagian dari komitmen mendukung sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kami ingin menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru, terutama untuk UMKM, dan membangun kawasan pariwisata berbasis kota,” jelasnya.

Menurutnya, proyek yang dicanangkan di kawasan pecinan Samarinda tidak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga pada identitas unik yang mencerminkan kekayaan budaya Tionghoa yang tak lepas dari sejarah kependudukannya di Samarinda.

Andi Harun menjelaskan langkah ini diharapkan menjadi bagian program kedua penataan kota Samarinda yang dimulai pada awal tahun 2024.

“Kami berharap proyek ini akan mendapat dukungan masyarakat, karena dianggap kunci kesuksesan dan memberikan dampak positif jangka panjang bagi perkembangan kota,” tegasnya.

Dengan adanya Little Chinatown diharapkan menjadi destinasi wisata perkotaan yang tidak hanya memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi tetapi juga meningkatkan citra Kota Samarinda.

Pemkot Samarinda ingin menciptakan kawasan yang kini dikenal Citra Niaga menjadi kawasan destinasi menarik untuk dikunjungi.

“Intinya saya ingin Samarinda menjadi kota dengan citra yang paling keren daripada kota yang lain,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *