Pastikan Bahan Pangan Aman Selama Ramadan, Rusmadi Sidak Pasar Pagi Sampai Bulog Samarinda

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkot Samarinda berupaya memastikan ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting) aman selama Ramadan 1445 hijriah.

Untuk itu, Rusmadi, Wakil Wali Kota Samarinda, memimpin inspeksi mendadak (Sidak) sejumlah lokasi.

Total ada lima titik yang disidak Wakil Wali Kota Samarinda bersama rombongan, di antaranya; Pasar Segiri, Mahakam Lestari Distributor, Indogrosir, Perumda Varianiaga, dan Perum Bulog Samarinda.

Rusmadi mengatakan kegiatan ini untuk memantau harga Bapokting di Samarinda. Salah satu yang utama adalah harga beras, gula, tepung, ayam, dan bawang.

“Kami melihat harga beras, gula, tepung, kemudian ayam bahkan ikan layang. Harga bawang juga masih relatif aman dan terjangkau,” kata Rusmadi.

Dirinya menyebut, untuk ketersediaan beras masih cukup sampai bulan Juni 2024. Pihaknya juga memiliki program bantuan pangan untuk masyarakat.

“Walaupun dari sisi stok ini cukup sampai bulan Juni terutama beras, tetapi kenaikan harga beberapa minggu kedepan belum tentu kita pastikan dan ada beberapa komoditi yang perlu terus kita pantau dan untuk terus kita jaga,” jelasnya.

Rusmadi mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan khawatir menjelang bulan Ramadhan dan lebaran. Pihaknya memastikan bahwa ketersediaan dan harga sesuai dengan harga eceran.

“Yang perlu kita waspadai menjelang Ramadan dan Idulfitri ini daging, terutama daging lokal, daging segar. Harga kita pantau tadi 150 sampai 160ribu per kilogram,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *