Kendalikan Inflasi Daerah, Pemprov Kaltim Serahkan Tujuh Ribu Bibit Cabai ke Kabupaten/Kota

Bagikan :

Mahakata.com – Pemprov Kaltim berupaya memgendalikan inflasi daerah, salah satunya dengan pemberian bibit benih cabai ke kabupate/kota di Kaltim.

Penyaluran bibit cabai ini dilakukan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTH) Kaltim sejak awal tahun 2023.

Sri Wahyuni, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, mengatakan penyerahan bantuan bibit cabai kepada daerah adalah salah satu bentuk upaya untuk pengendalian inflasi di daerah.

“Bantuan bibit cabai ini bukan tanpa alasan. Tapi ini sebagai upaya pengendalian inflasi,” kata Sri Wahyuni, Kamis (30/11/2023).

Dengan bantuan ini, pihaknya mendorong masyarakat produktif menanam cabai, maka otomatis menghindari kelangkaan cabai yang dapat menyebabkan harga melonjak tinggi.

“Itulah hal yang sangat sederhana, tapi sangat strategis,” tegasnya.

Menurutnya, jika menanam cabai bisa diwujudkan secara masif, maka cabai bukanlah komoditas yang sulit dicari di pasar.

“Disinilah cabai menjadi begitu penting sebagai pengedali inflasi,” lanjutnya

Sri Wahyuni berharap dasawisma dan ketua RT yang menerima bantuan cabai, dapat merawat dengan baik, sehingga bisa tumbuh subur dan berbuah.

Kadis PTPH Kaltim melalui Kabid Produksi Holtukultura Kosasih melaporkan program pengadaan benih  cabai sudah dua kali dilakukan pihaknya.

Bantuan pertama pada triwulan kedua dengan membagikan 5.000 bibit untuk tiga kota, terdiri Bontang sebanyak 1.000 bibit, Samarinda 2.000 bibit dan Kota Balikpapan 2.000 bibit

“Untuk yang terakhir di triwulan ke 4 ini, kami membagikan 7.000 bibit,” ungkapnya.

Bantuan cabai terdiri Kutai Timur 2.000 bibit, Bontang 1.000 bibit, Samarinda 2.000 bibit dan Balikpapan 2.000 bibit.

“Jadi sudah dua kali kami salurkan dan bagikan. Mudah-mudahan banyak manfaat yang diambil,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *