Kemenkeu RI Pastikan Pembangunan IKN Dapat Kucuran Rp40,6 Triliun di 2024

Bagikan :

Mahakata.com – APBN tahun anggaran 2024 telah ditetapkan Rp3.325,1 triliun.

Dari jumlah itu, alokasi infrastruktur dipatok sebesar Rp420 triliun, kesehatan Rp187,5 triliun, IKN dikucurkan Rp40,6 triliun dan ketahanan pangan Rp114,3 triliun.

Hal itu seperti yang disampaikan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan (Menkeu) RI.

Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran Rp40,6 triliun akan digunakan untuk pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), pembangunan kantor kementerian hingga pembangunan jalan tol.

Selain itu, anggaran juga akan difokuskan untuk pembangunan rumah susun aparatur sipil negara (ASN), pembangunan rumah tapak pejabat negara dan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

“IKN akan dialokasikan untuk tahun 2024 sebesar Rp40,6 triliun,” kata Sri Mulyani, Kamis (30/11/2023).

Sri Mulyani memaparkan tahun depan, belanja infrastruktur masih menjadi salah satu prioritas pemerintah dengan anggaran mencapai Rp423 triliun.

“Rp423 triliun terutama untuk infrastruktur prioritas nasional seperti ICT, energi, pangan, dan konektivitas dan pembangunan infrastruktur di IKN,” jelasnya.

Sebagai informasi, tahun ini, Kementerian Keuangan mengalokasikan dana untuk pembangunan IKN sebesar Rp29,3 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata mengungkapkan bahwa dari total anggaran pembangunan infrastruktur dasar IKN telah cair sebesar Rp13 triliun hingga Oktober 2023. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *