Kaltim Masuk Lima Daerah Tertinggi Kerawanan Pemilu, Akmal Malik Minta Warga Waspada

Bagikan :

Mahakata.com – Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, mengiatkan kepada warga Bumi Mulawarman, agar waspada terhadap potensi kerawanan dalam proses Pemilu 2024.

Menurutnya, beberapa waktu lalu Bawaslu telah merilis indeks kerawanan pemilu serentak 2024, dimana rilis tersebut menetapkan Kaltim nomor lima dibawah DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Jawa Barat.

“Semalam jawaban yang elegan dari teman-teman Bawaslu kita harus mengambil hikmah dari Indeks kerawanan pemilu ini,” kata Akmal Malik.

Penilaian itu menjadi penanda dan peringatan bagi pemerintah, parpol dan penyelenggara pemilu serta aparat keamanan sereta laisan masyarakat untuk menjamin demokrasi nasional berjalan aman damai dan berintegritas.

Sebagai daerah provinsi yang memiliki karateristik yang heterogen dengan lokasi yang keberadaanya dekat IKN sangat wajar tentunya Kaltim menjadi perhatian khusus, sehingga berbagai penilaian menempatkan daerah ini sebagai daerah rawan pemilu 2024.

“Kita harus bersyukur bawasannya kedewasaan berdemokrasi, berpolitik relatif bagus, karena warga kaltim mampu membangun harmonisasi dan Kaltim menjadi daerah yang tetap kondusif dalam tahapan pemilu dan pilkada,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *