Jelang Nataru, Dinkes Kaltim Siapkan Pos Pelayanan Kesehatan di Sejumlah Titik

Bagikan :

Mahakata.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, menyiapkan sejumlah pos pelayanan kesehatan di beberapa titik kabupaten/kota.

Penyiapan pos layanan kesehatan ini dalam rangkan membantu memperlancar proses mudik pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

dr Jaya Mualimin, Kepala Dinkes Kaltim, mengatakan pos layanan kesehatan beroperasi mulai H-2 hingga H+2 perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kami sudah koordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota, rumah sakit, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan puskesmas untuk menyiapkan pos-pos kesehatan,” kata dr Jaya Mualimin, Minggu (24/12/2023).

dr Jaya menjelaskan, pos-pos layanan kesehatan akan menyediakan berbagai layanan, seperti pemeriksaan kesehatan dasar, penanganan awal kasus, sistem rujukan yang berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan, vaksinasi Covid-19, konsultasi kesehatan dan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM).

“Kami juga akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” jelasnya.

drJaya mengimbau masyarakat yang hendak mudik atau berlibur untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan memeriksakan diri sebelum dan sesudah perjalanan.

“Kami harap masyarakat bisa bersama-sama menjaga kesehatan dan mencegah penularan Covid-19 di masa Nataru ini,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *