IKN Bakal Groundbreaking Lagi, Digelar Mei 2024 Fokus Sektor Pendidikan

Bagikan :

Mahakata.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali menjadwalkan agenda groundbreaking tahap enam di IKN.

Agenda groundbreaking rencananya digelar Mei 2024 dengan fokus untuk sektor pendidikan.

“Targetnya pada Mei nanti akan ada groundbreaking keenam pada Mei targetnya adalah untuk proyek-proyek pendidikan,” kata Agung Wicaksono, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN.

Agung mengatakan IKN direncanakan dibangun sebagai kota untuk bekerja, layak huni, tempat rekreasi dan menimba pendidikan.

“Kita ingin membangun IKN ini sebagai kota yang as a place to work, to live, to play and to learn,” lanjutnya.

Agung menambahkan to work-nya sudah ada perkantoran, to live-nya hari ini melalui pembangunan hunian, to play-nya ada mall dan tempat olahraga, dan to learn-nya ada sekolah serta kampus.

Dengan demikian ekosistem di IKN menjadi komplit sebagai kota untuk bekerja, layak huni, tempat rekreasi dan menimba pendidikan.

Arah perencanaan, konsep dan strategi pendidikan di Kawasan IKN didasarkan pada beberapa pertimbangan yakni intervensi di tingkat kejuruan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan talenta dari klaster ekonomi baru karena sekitar 60 persen dari proyeksi pekerjaan di 2045 bersifat kejuruan.

“Penting untuk meningkatkan ketersediaan pendidikan tersier lanjutan di bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dan manajemen guna mendukung kebutuhan pertumbuhan dan inovasi dalam klaster ekonomi di masa depan,” tegasnya.

“Pendidikan K-12 berkualitas tinggi menjadi kriteria utama untuk menarik minat pindahnya warga domestik dan asing serta menjadi prasyarat yang harus ada di IKN,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *