Dapat Suntikan Modal Rp7,5 Triliun, Pj Gubernur Kaltim Tekankan Bankaltimtara Mesti Tingkatkan Performance SDM

Bagikan :

Mahakata.com – Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, menghadir Rapat Umum Pemegang Umum (RUPS) Tahun Buku 2023 dan RUPS Tahun 2024 BPD Kaltim dan Kaltara, Jumat (8/3/2024).

Dalam agenda itu, Akmal Malik mengapresiasi kinerja jajaran direksi Bankaltimtara sepanjang tahun 2023.

“Kami sangat menghargai kinerja direksi yang sudah menunjukkan kinerja terbaik sepanjang tahun kemarin,” kata Akmal Malik.

Meski demikian, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu tetap memberi catatan saat menyampaikan arahan.

Sebagai informasi, Bankaltimtara sepanjang 2023 lalu mendapat tambahan modal saham lumayan besar. Tambahan modal saham ini menurut Akmal harus bisa dikelola dengan baik.

Pengelolaan modal saham yang besar itu menurutnya harus dilakukan dengan sangat-sangat profesional.

“Penambahan modal yang sangat besar juga¬†perlu performance SDM yang besar,” pesannya.

Karena itu, peran orang atau sumber daya manusia (SDM) menjadi sangat penting untuk pengelolaannya.

“Jangan lupa, remunerasi harus paralel dengan kinerja. Meritokrasi harus berlaku. Tidak bisa dipukul rata. Yang rajin yang malas, sama reward-nya,” tegasnya.

Sebelumnya, Komisaris Utama Bankaltimtara Zainuddin Fanani menjelaskan hingga 31 Desember 2022 total modal saham Bankaltimtara masih sebesar Rp3,8 triliun.

Sepanjang tahun 2023 terdapat 9 realisasi penambahan modal saham dengan total Rp3,7 triliun  yang dilakukan oleh 8 pemerintah daerah.

Pemprov Kaltim sendiri melakukan penambahan modal saham pada April 2023 sebesar Rp150 miliar dan November 2023 sebesar Rp3,4 triliun.

“Dengan tambahan itu maka hingga 31 Desember 2023 total modal saham Bankaltimtara mencapai Rp7,5 triliun,” kata Zainuddin Fanani.

Total modal saham hingga 31 Desember 2023 tersebut akan menjadi dasar penentuan suara dalam RUPS Tahun Buku 2023 dan pembagian deviden tahun buku 2023. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *