Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan Terminal Tipe A Samarinda Seberang

Bagikan :

Mahakata.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Terminal Tipe A Samarinda Seberang, padq hari ini Rabu (28/2/2024).

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Samarinda, pada pukul 16.00 Wita, sementara proses peresmian terminal akan digelar pada pukul 17.30 Wita.

Diketahui, proyek terminal Samarinda Seberang ini dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, sejak 2020 lalu.

Teminal ini untuk melayani tujuan Samarinda-Banjarmasin dan Samarinda ke sejumlah daerah di Kalimantan Timur.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub, Toni Tauladan, diketahui melakukan peninjauan dan menegaskan bahwa persiapan sudah dilakukan dengan mempercantik terminal untuk menyesuaikan agenda Presiden Jokowi bersama jajaran menteri ke Kalimantan Timur.

“Terminal Samarinda Seberang dibangun di atas lahan seluas 6.682 m2 dengan luas bangunan 3.600 m2 yang merupakan aset Ditjen Hubdat Kemenhub. Di mana di tahun 2020 telah melayani penumpang sekitar 3.137 unit kendaraan dengan 51.338 penumpang,” kata Toni.

Dirinya memaparkan pekerjaan pembangunan (revitalisasi) Terminal Samarinda Seberang pada tahun 2022 yang terdiri dari area parkir bus, area loket, tempat pemeriksaan kesehatan dan tempat istirahat, drop area, jalan menuju area parkir kendaraan kecil dan yang lainnya.

Dengan peresmian ini, diharapkan terminal dapat dimanfaatkan maksimal sebagai fasilitas pendukung transportasi darat, terutama mengingat Kaltim akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN).

“Kita harapkan dengan peresmian Terminal Samarinda Seberang ini, terminal dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat dan menjadi fasilitas pendukung untuk transportasi darat di mana Provinsi Kalimantan Timur sudah ditetapkan menjadi Ibu Kota Negara (IKN),” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *