Hari Ini Presiden Jokowi Lakukan Grounbreaking Pembangunan IKN Fase Tiga

Bagikan :

Mahakata.com – Presiden Joko Widodo, tiba di Balikpapan, untuk meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Rabu (20/12/2023).

Kunjungan Presiden Jokowi ke IKN, dalam rangka melakukan groundbreaking sejumlah proyek yang masuk ke tahap tiga pembangunan.

“Ada groundbreaking beberapa dari swasta. Juga dari lembaga dan pemerintah,” kata Jokowi.

Jokowi menekankan, antusiasme pihak swasta juga sangat tinggi dalam membangun berbagai fasilitas penunjang IKN.

Menurutnya, sudah mulai banyak yang akan membangun di zona bisnis, kesehatan, hingga olahraga.

la pun mengaku akan terus terlibat dalam aktivitas groundbreaking tersebut untuk memberikan semangat bagi para investor terus membangun proyek IKN.

“Ya kita groundbreaking untuk memberikan semangat kepada yang lain untuk segera memulai,” tegasnya.

OIKN melalui Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono juga sebelumnya telah mengumumkan groundbreaking tahap ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 21 Desember 2023.

Adapun sektor tahap ketiga groundbreaking IKN ini meliputi tiga tahap, yakni green, pelengkap ekosistem sumbu kebangsaan, dan lembaga negara dengan pendanaan non APBN.

Proyek green merupakan proyek-proyek yang bersifat penghijauan, yakni reboisasi sekitar lahan sumbu kebangsaan dan reboisasi lahan eks pertambangan.

Selanjutnya, groundbreaking ekosistem sumbu kebangsaan yang disebut akan mulai dihuni tahun depan. Ini mencakup bidang energi dan transportasi umum. Dalam hal ini transportasi akan berbasis listrik karena bersifat green. Kemudian ada hotel juga di sana.

Ketiga, groundbreaking lembaga-lembaga negara non APBN. Nantinya, akan ada pembangunan yang masih menggunakan APBN yakni rumah sakit dari Kementerian Kesehatan, sebagai pelengkap ekosistem sumbu kebangsaan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *