Dinkes Kaltim Kerahkan Petugas Nakes Puskesmas Keliling TPS di Pemungutan Suara Pemilu 2024

Bagikan :

Mahakata.com – Membantu kelancaran pemungutan suara Pemilu 2024, Dinkes Kaltim mengerahkan petugas tenaga kesehatan (nakes) dari puskesmas untuk berkeliling dan bersiaga di lokasi tempat pemungutan suara (TPS).

Tenaga kesehatan ini nantinya akan memeriksa dan memantau pelaksanaan Pemilu 2024 di tiap TPS.

Selain itu petugas nakes juga akan memberikan pertolongan pertama apabila ada warga atau petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengalami gangguan kesehatan.

dr Jaya Mualimin, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan dinkes kabupaten/kota dalam rangka penyiagaan tim nakes di seluruh TPS se-Kaltim.

“Selama tiga hari mulai dari H-1, hari Pemilu, dan H+1 tim nakes Puskesmas akan keliling ke setiap TPS membantu memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan antisipasi di ranah kesehatan,” kata dr Jaya Mualimin.

Dirinya menambahkan, selain mengontrol kondisi kesehatan warga dan KPPS selama pelaksanaan Pemilu, Puskesmas juga akan menurunkan tim pengawas makanan di TPS. Hal itu dilakukan sebagai upaya mitigasi jika terjadi risiko keracunan makanan.

“Setiap Puskesmas sudah menyiapkan tim nakes yang bertugas piket selama penyelenggaraan Pemilu 2024. Jadi kalau ada petugas KPPS atau warga yang sakit bisa langsung menghubungi tim nakes Puskesmas setempat. Semua sudah disiapkan sampai ke sistem rujukannya ke RS (Rumah Sakit) terdekat,” jelasnya.

Adapun seluruh Puskesmas juga telah dibekali stok suplemen dan vitamin gratis yang bisa diberikan kepada petugas KPPS di TPS setempat.

Peyiagaan tim nakes Puskesmas ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang meminta layanan Puskesmas dibuka 24 jam selama pemungutan suara. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *