Delapan Investor Lagi Ngantre Masuk IKN, Suntikan Dana Diprediksi Capai Rp45 Triliun

Bagikan :

Mahakata.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melaporkan saat ini ada delapan investor lagi yang mengantre masuk ke pembangunan IKN.

Para investor itu akan menanamkan uangnya sebesar Rp45 triliun untuk membangun hunian bagi aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Deputi Bidang Pembiayaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, menjelaskan progres investasi delapan investor saat ini tengah menunggu valuasi studi kelayakan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Hunian untuk ASN itu dari 8 investor yang sudah menyelesaikan studi kelayakan. Sekarang sedang di valuasi oleh Kemenkeu. Karena, ini nanti dari KPBU itu dari capexnya saja minimal Rp45 triliun untuk pembangunan,” kata Agung.

Dalam penjelasannya, Agung menilai investasi tersebut baru mencakup biaya konstruksi saja. Dengan demikian, bila memperhitungan biaya operasional maka investasi pada sektor hunian tersebut diproyeksi dapat lebih dari Rp45 triliun.

Seiring dengan hal itu, Agung menyebut pihaknya optimis beberapa investor pada sektor hunian itu dapat segera melangsungkan groundbreaking pada tahun ini.

“Banyak yang dari awal berproses dan sekarang akan mencapai hasilnya. Kita seleksi kayak yang KPBU tadi, tahun ini mestinya akan mulai menghasilkan kerja samanya. Sehingga, kita bisa menambah investasi yang masuk,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *