Bumi Mulawarman Punya 429.939 Unit UMKM, Pj Gubernur Kaltim Tegaskan UMKM Jadi Kekuatan Ekonomi

Bagikan :

Mahakata.com – Akmal Malik, Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, menegaskan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) jadi salah satu pilar kekuatan ekonomi yang sangat berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian di Kaltim.

“Jumlah UMKM Kaltim mencapai 429.939 unit. Ini menunjukkan UMKM menjadi sebuah kekuatan ekonomi yang besar dan luar biasa,” kata Akmal Malik, Senin (27/11/2023).

Menurutnya, UMKM juga jadi lahan perluasaan lapangan pekerjaan yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dirinya kendorong, pemberdayaan UMKM melalui pemanfaatan teknologi digital akan menjadi kekuatan  besar yang berdampak signifikan bagi peningkatan perekonomian daerah.

Terkait Ibu Kota Nusantara (IKN), sebutnya akan membutuhkan entrepreneur-entrepreneur yang baik dan mampu menjadi penggerak bufferzone di sekitar wilayah IKN.

Kedepan diharapkan ada pembinaan UMKM dari berbagai perusahaan untuk sektor kewirausahaan didukung kreativitas dan inovasi sebagai garda terdepan dalam persaingan ekonomi.

“Menjadikan UMKM kita berlevel nasional bahkan internasional,” tegasnya.

Setelah IKN dibangun, Akmal berharap ada ruang bagi UMKM Kaltim sebagai tetangga terdekat untuk bisa eksis di ibu kota negara baru RI.

“Pemindahan ibu kota negara di Provinsi Kaltim akan menjadi peluang besar bagi para pelaku UMKM. Dan IKN bisa menjadi pendorong peningkatan usaha, investasi dan pertumbuhan ekonomi kita,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *