Bapenda Samarinda Targetkan Pendapatan Asli Daerah Capai Rp1 Triliun di Tahun Ini

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkot Samarinda memasang target pendapatan asli daerah Kota Tepian di tahun 2024 ini mencapai Rp1 triliun.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Samarinda optimis mengejar target tinggi ini lantaran PAD Kota Tepian terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Hermanus Barus, Kepala Bapenda Samarinda, mengatakan pihaknya berusaha untuk menggali potensi pajak yang lain, mengingat bahwa retribusi UJI KIR di Samarinda telah dihapuskan sehingga akan mengakibatkan PAD Samarinda akan berkurang.

Oleh kesempatan itu pihaknya melakukan upaya untuk menggali potensi pajak yang lain, yaitu tahun ini akan melakukan sensus pajak door to door, untuk menghitung seluruh data potensi pajak apa yang ada di setiap rumah.

“Harapannya sesudah sensus pajak ini dilakukan, PAD kita yang tahun lalu realisasinya 855 milyar tahun ini bisa kita targetkan hampir mendekati 1 triliun bisa tercapai,” ungkap Hermanus.

Sensus door to door ini sudah di lakukan uji coba tepatnya di Kelurahan Air Hitam dan Kelurahan Air Putih di Bulan Desember lalu, dan akan dilanjutkan di bulan Februari 2024 untuk seluruh kelurahan yang akan memakan waktu kurang lebih 1 tahun untuk proses pendataan.

“Perlu diketahui sensus ini adalah sensus pajak pertama di luar pulau Jawa, saya berpesan dan berharap ketika ada petugas pajak resmi berseragam, dengan surat tugas mohon diterima dengan baik dan kooperatif,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *