Anies Baswedan Kunjungi Pasar Segiri Samarinda, Perkenalkan Konsep Pertanian Kontrak ke Pedagang Pasar

Bagikan :

Mahakata.com – Anies Baswedan, Calon Presisen Nomor Urut 1 melakukan kampanye ke Samarinda, Kaltim, Kamis (11/1/2024).

Salah satu agenda yang dilakukan Anies Baswedan yakni maninjau Pasar Segiri Samarinda, bertemu dengan para pedagang.

Kehadiran Anies Baswedan di Pasar Segiri disambut antusias warga dan para simpatisan.

Dalam kesempatan itu, Anies menyoroti soal kenaikan harga bahan pokok yang terjadi di pasaran. Dirinya menegaskan perlu ada solusi strategis untuk menjaga harga dan stok bahan pangan.

Anies menawarkan dan mensosialisasikan konsep pertanian kontrak atau contract farming sebagai solusi menjaga stabilitas harga pangan.

“Contract farming bisa menjamin hasil panen dan pemasaran produk petani,” kata Anies Baswedan.

Konsep kontrak pertanian ini akan membuat stabilitas suplai dan stabilitas suplai itu menghasilkan stabilitas harga. Sehingga semua sumber dalam sistem tata niaga itu dapat mendapatkan stabilitas pangan dan stabilitas harga.

“Salah satu program utama kita, memperbaiki tata niaga supaya kebutuhan pokok komoditas utama harganya menjadi terjangkau. Kegiatan pertanian itu memiliki pasar yang jelas dan memang sesungguhnya pasar kita itu memang jelas. Penduduknya jelas di mana distribusnya. Jumlahnya kemudian yang memproduksi juga sama,” jelasnya.

“Hanya selama ini tidak diatur tata niaganya. Harapannya dengan adanya kontrak farming itu kita akan membuat stabilitas suplai dan stabilitas suplai itu menghasilkan stabilitas harga sehingga semua sumber yang berada dalam sistem tata niaga itu dapat mendapatkan stabilitas pangan dan stabilitas harga,” tegasnya.

Anies berharap bisa merasakan denyut nadi rakyat kecil. Sehingga jika terpilih nanti, kebijakannya bisa tepat sasaran menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *