628 Warga Binaan Lapas Samarinda Bakal Nyoblos di Pemilu 2024, Tiga TPS Khusus Disiapkan

Bagikan :

Mahakata.com – Total ada 628 warga binaan di Lapas Kelas IIA Samarinda yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pemilu 2024.

Mempersiapkan lancarnya pesta demokrasi ini, Lapas Samarinda menyiapkan tiga TPS khusus.

“Tahapan-tahapan sudah, Pelantikan Anggota KPPS, Bimtek, Panwas sudah dilantik, tinggal tahapan pelaksanaan. Terdapat 3 TPS, pemilihan di dalam semua lokasinya karena lokasi khusus, untuk anggota KPPS dan Panwas dari pegawai, untuk PAM nanti dari linmas,” kata Hudi Ismono, Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda.

Ia merincikan bahwa tiga TPS di dalam Lapas Kelas II A Samarinda terdiri dari TPS nomor 901 dengan jumlah 209 orang, TPS nomor 902 dengan jumlah 208 orang, dan TPS nomor 903 dengan jumlah 211 orang.

“Untuk DPT yang sudah ditetapkan oleh KPU sebanyak 628 orang, dari total 734 orang per hari ini, karena ada yang menjelang bebas sebelum tanggal 14 nanti,” lanjutnya.

Terkait dengan WBP yang berdomisili luar daerah, sudah dipastikan telah diakomodir melalui koordinasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Samarinda. Sehingga sebagai para WBP tersebut tetap dapat ikut serta dalam menggunakan hak pilihnya.

“Kalau untuk surat suara sesuai dengan domisili mereka, jika luar Samarinda, mereka tidak dapat. Sudah di data dan di ceklis kemudian disesuaikan, tinggal dibagikan saja,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *