Tinjau Lokasi Bandara VVIP IKN, Akmal Malik Ungkap Presiden Jokowi Lakukan Groundbreaking Awal November

Bagikan :

Mahakata.com – Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, melakukan tinjauan ke lokasi pembangunan Bandara VVIP IKN, Rabu (18/10/2023) kemarin.

Dalam tinjauan itu, Akmal Malik melihat kondisi lapangan sebelum rencana kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Bandara VVIP IKN oleh Presiden Joko Widodo, yang direncanakan awal November mendatang.

“Persiapan di lapangan sudah sangat bagus,” kata Akmal Malik.

Saat ini dilaporkan sudah tersedia 291 hektare dan direncanakan tambahan seluas 50 hektare sesuai permintaan Kementerian Perhubungan. Tambahan lahan ini saat ini dalam proses.

“Secara umum semua berjalan dengan baik. Proses negosiasi dengan teman-teman pemilik lahan, proses verifikasi juga berjalan dengan baik,” jelasnya.

Bandara yang dibangun untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan IKN itu akan memiliki luas terminal VVIP 2.000 m2 dan terminal VIP 5.000 m2 serta runway sepanjang 3000 x 485 meter.

Bandara ini berjarak sekitar 25 km dari Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara APT Pranoto Samarinda.

Informasi kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang akses Bandara VIP di Kelurahan Riko dan Kelurahan Pantai Lango, Kecamatan Penajam, serta Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Akses Bandara VVIP memiliki panjang jalan sekitar 1,5 km yang dilewati melalui jalan bebas hambatan segmen 5B, serta Bandara VIP yang memiliki luas lahan sebesar 433,20 hektare.

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2023 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 – 2042, disampaikan oleh Dinas PUPR & PERA bahwa sesuai lampiran IV tentang Peta Sistem Jaringan Transportasi, lokasi yang dimohonkan melewati akses jalan Simpang 3 Riko – Simpang 3 ITCI.

Ada pula Simpang 3 Riko – Simpang Gresik – Simpang Lango – Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek.

‚ÄúPemprov Kaltim dan Pemkab PPU akan terus melakukan kolaborasi dan sinergi untuk memastikan langkan-langkah pembangunan IKN berjalan dengan baik dan sesuai dengan target,” tegasnya.

“Sebagai staf Bapak Presiden di lapangan, kami mendukung setiap langkah teman-teman kontraktor pelaksana. Setiap pekerjaan yang dilakukan harus berjalan dengan baik. Untuk itu kami turun ke lapangan ini. Kita cek sekaligus mengantisipasi setiap potensi-potensi permasalahan yang terjadi,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *