Tingkatkan Prestasi Atlet Daerah, Dispora Kaltim Rencanakan Bentuk Akademi Olahraga

Bagikan :

Mahakata.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, merencanakan bentuk sebuah akademi olahraga.

Agus Hari Kesuma, Kepala Dispora Kaltim, menyebut pihaknya mengamati keberhasilan berbagai daerah dalam menguasai cabang olahraga (cabor) di Pekan Olahraga Nasional (PON) duperlukan sarana salah satunya akademi olahraga.

“Kita dapat menciptakan sebuah akademi yang fokus pada industri olahraga dan pariwisata, karena sumber daya manusia yang berkualitas tersedia di Dispora Kaltim,” kata Agus Hari Kesuma (AHK), Selasa (7/11/2023).

AHK menyebut Jawa Barat (Jabar) telah membuktikan dirinya sebagai salah satu provinsi terkemuka dalam dunia olahraga Indonesia.

Prestasi ini terlihat dari dominasi mereka dalam dua kali PON terakhir, yakni PON 2016 di Jabar dan PON 2020 di Papua.

“Dalam kasus Jabar, kami melihat banyak akademi olahraga yang aktif, dan sebagian besar cabang olahraga memiliki akademi tersendiri. Di Kaltim, kami ingin menciptakan situasi di mana atlet-atlet tidak hanya berlatih secara mandiri tetapi juga bersaing melawan diri sendiri dalam meningkatkan prestasi mereka,” jelasnya.

Saat ini, Dispora Kaltim telah memfokuskan upayanya pada pengembangan pariwisata olahraga dan industri olahraga.

Dispora Kaltim juga berusaha untuk mendekatkan olahraga dengan masyarakat melalui berbagai program.

“Saya berharap dalam waktu dekat, Dispora Kaltim dapat mencapai tingkat otonomi yang memungkinkan untuk mengelola rekrutmen atlet secara lebih efisien,” tegasnya.

Menanggapi peran Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim, AHK mengakui pentingnya memiliki akademi olahraga yang mandiri.

Dia mengusulkan agar DBON Kaltim segera merencanakan dan mengimplementasikan akademi olahraga mereka sendiri.

Dalam hal fasilitas dan infrastruktur, Dispora Kaltim berkomitmen untuk berkoordinasi dengan DBON Kaltim agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas yang ada, termasuk dalam hal pembayaran untuk penggunaan fasilitas olahraga tertentu.

“Pengembangan olahraga industri dan pariwisata adalah langkah penting menuju prestasi olahraga yang lebih baik, dan kami berharap dapat bersinergi dengan semua pihak terkait untuk mencapai tujuan ini,” pungkasnya. (adv)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *