Tingkatkan Minat Berbahasa Inggris di Sekolah Kawasan Ibu Kota Nusantara, Otorita IKN Gelar Rutin Friday English Fun

Bagikan :

Tepian News – Guna meningkatkan minat belajar bahasa Inggris bagi pelajar tingkat sekolah dasar (SD) sekitar Ibu Kota Nusantara, Otorita IKN melaksanakan program Friday English Fun (FEF) di sejumlah SD.

Kegiatan FEF dijadwalkan secara rutin setiap Jumat dengan peserta seluruh murid SD yang berada di kawasan IKN digagas oleh Kedeputian Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN melalui Direktorat Pelayanan Dasar Otorita IKN.

“Friday English Fun atau Jumat bahasa Inggris yang menyenangkan, akan dilakukan secara rutin terhadap pelajar di wilayah IKN, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) terutama siswa SD,” kata Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito.

Dirinya menerangkan, kegiatan FEF bertujuan untuk membudayakan bahasa Inggris bagi siswa Nusantara.

Dimana pada kegiatan awal Jumat (8/3/2024) kemarin, dilakukan terhadap tiga SD Negeri (SDN) di Sepaku, yaitu SDN 005 di Desa Sukaraja, SDN 014 Kelurahan Pemaluan dan SDN 020 Desa Bumi Harapan.

“Kegiatan selanjutnya akan kami teruskan ke sekolah-sekolah yang lain di wilayah IKN,” jelasnya.

Dirinya menegaskan ada berbagai kegiatan dalam FEF yang dilakukan pihaknya bekerjasama dengan pihak sekolah, antara lain latihan berhitung bahasa Inggris, latihan mengenal nama-nama anggota tubuh dalam bahasa Inggris.

“Lalu bernyanyi dalam bahasa Inggris, english market day, kuis sederhana, dan lain-lain,” tegasnya.

Menurutnya, seluruh peserta kegiatan cukup memberi respon yang baik dengan kegiatan ini.

Harapannya ke depan membawa dampak positif bagi pelajar dan kelak terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari.

Ia menambahkan, kegiatan FEF yang dilaksanakan pihaknya ini, untuk melatih kemampuan berkomunikasi para murid di wilayah IKN yang bernama Speaking English Now (SNOW).

Titik lokasi yang digunakan untuk merealisasikan kegiatan diadakan di beberapa sekolah wilayah IKN.

Suwito mengungkapkan, tujuan dibentuknya program ini salah satunya juga untuk mempersiapkan pembinaan olimpiade bagi pelajar di IKN.

Dimana implementasi kegiatan adalah dengan menyediakan sebuah wadah pembelajaran bahasa Inggris yang lebih menyenangkan bagi pelajar, sekaligus mempraktekan bahasa Inggris di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal yang berada di kawasan IKN.

“Kunci dari kegiatan ini melatih kepercayaan diri dan keberanian pelajar yang masih berusia belia untuk dapat memiliki skill public speaking. Sesuai dengan tema yang kami yaitu Build Confidence Through English,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *