Sisa 3.910 Jiwa, Pemprov Kaltim Targetkan Kemiskinan Ekstrem Tuntas 2024

Bagikan :

Mahakata.com – Tim Evaluator Kementerian Dalam Negeri memberikan apresiasi atas capaian Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, untuk kinerja Oktober-Desember 2023.

Kemendagri memberikan apresiasi ke Pemprov Kaltim, salah satunya terkait capaian memberantas kemiskinan ekstrem di Bumi Mulawarman.

Persentase penduduk miskin ekstrem Kaltim pada 2022 dan 2023 lebih baik atau berada di bawah capaian nasional dengan jumlah 3.910 jiwa atau 0,10 persen.

“Secara nasional ini kami apresiasi, Kaltim menjadi provinsi pertama nantinya sesuai dengan data-data yang dikemukakan disini, adalah provinsi pertama di seluruh Indonesia yang sudah akan bebas kemiskinan ekstrem di tahun 2024. Karena eskalasi penurunannya juga dua kali lipat dari nasional,” kata Kastorius Sinaga, Staf Khusus Mendagri.

Sekretaris Itjen Kemendagri Ahmad Husin Tambunan mengatakan secara keseluruhan capaian kinerja Pemprov Kaltim sudah baik dan evaluator secara umum lebih kepada memberikan saran bahkan mayoritas mengapresiasi.

“Jadi saya ingin sampaikan pesan dari Irjen Kemendagri sesuai dengan arahan Presiden yaitu prioritas penurunan stunting, penurunan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran, angka inflasi, pelayanan publik/perizinan dan rumah sakit/pelayanan kesehatan,” ungkap Ahmad Husin Tambunan. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *