Siap-Siap!!! Menpan RB Pastikan ASN Mulai Pindah ke IKN Mulai Maret 2024

Bagikan :

Mahakata.com – Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memastikan pihaknya bersiap memulai langkah pemindahan aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Abdullah Azwar Anas menyebut ASN mulai pindah ke IKN secara bertahap mulai Maret, Juli, dan Agustus 2024.

Menpan RB memaparkan pemindahan ASN ke IKN ini tergantung pada penyelesaian gedung-gedung pemerintahan dan infrastruktur dasar di IKN.

“Kita buat simulasi untuk bulan Maret, Juli, dan Agustus, kita akan sesuaikan mereka yang pindah. Tahap pertama ada 1.200-an sampai ke 3.200 ASN, tergantung selesainya gedung di sana,” kata Anas.

Selain itu, sejumlah kementerian diproyeksi mulai operasional pada 2024 mendatang. Untuk itu, harus ada pejabat dan pegawai kementerian yang berpindah ke IKN.

“Kita sudah exercise, hampir setiap kementerian ada jabatan yang pindah. Ada yang duluan, ada yang tidak (pindah), sudah exercise, FGD dengan KL. Intinya begitu tempat siap, kita sudah siapkan,” jelasnya.

Sementara Presiden Joko Widodo disebut telah memintanya dan kementerian terkait lainnya untuk mendiskusikan besaran insentif bagi ASN yang mau pindah ke IKN.

“Termasuk insentif untuk mereka yang akan pindah ke IKN, termasuk keluarga anak yang akan tinggal di sana. Termasuk indeks kemahalan dan (ongkos) kepindahan di IKN,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *