Rogoh Duit Rp1 Triliun, Dinas PUPR Kaltim Target Kemantapan Jalan Capai 82 Persen di Akhir Tahun 2024

Bagikan :

Mahakata.com – Dinas PUPR Kaltim mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 triliun untuk meningkatkan kemantapan jalan di Bumi Mulawarman.

Kondisi di akhir 2023, kemantapan jalan mencapai 81,38 persen. Pada 2024 ini, Dinas PUPR Kaltim menargetkan kemantapan jalan mencapai 82,09 persen di akhir tahun 2024.

Aji Muhammad Fitra Firnanda, Kepala Dinas PUPR Kaltim, mengatakan alokasi Rp1 triliun digunakan tidak hanya untuk meningkatkan persentase kemantapan jalan, tetapi juga untuk pemeliharaan infrastruktur yang ada.

“Investasi yang signifikan diperlukan untuk menaikkan satu persen kemantapan jalan,” kata Aji Firnanda.

Kegiatan di 2024 mencakup berbagai aspek penanganan jalan, termasuk rekonstruksi, pembangunan jalan baru, pembangunan jembatan, pelebaran jalan, pengadaan tanah, serta perencanaan dan pengawasan.

Pembangunan jalan akan difokuskan pada beberapa titik strategis, mulai dari Kecamatan Kaliorang di Kabupaten Kutai Timur hingga Kecamatan Talisayan di Berau, serta dari Talisayan ke Kecamatan Tanjung Redeb.

Kerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga menjadi fokus, terutama untuk proyek-proyek seperti pembangunan jalan dari Kutai Barat menuju Mahakam Ulu.

“Beberapa titik longsoran di Muara Kaman akan dibangun, pengaspalan di Anggana akan dilakukan, dan kerja sama yang solid dengan TNI akan mempercepat pembangunan infrastruktur,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *