Realisasi Investasi di IKN Capai Rp47,5 Triliun, Otorita Target Tahun 2024 Investasi Sebesar Rp100 Triliun

Bagikan :

Mahakata.com – Hingga akhir Januari 2024 ini, Otorita IKN mencatat investasi yang sudah masuk dalam proyek Ibu Kota Nusantara, mencapai Rp 47,5 triliun. Nilai Investasi ini di luar dana APBN atau duit negara.

“Sekarang ini total investasi publik dan swasta di luar APBN yang kemarin oleh Kementerian PUPR itu sekitar Rp 47,5 triliun hingga groundbreaking yang terakhir,” kata Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN.

Dari jumlah tersebut yang swasta murni sebesar Rp35,9 triliun.

“Yang swasta bener itu kira-kira Rp 35,9 triliun hampir Rp 36 triliun yang sudah di groundbreaking dan sekarang sedang berproses,” lanjutnya.

Bambang mengatakan, groundbreaking selanjutnya untuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan beberapa bank termasuk kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

“Mudah-mudahan nanti insyaAllah nanti kita lihat groundbreaking mendatang, kan BI sudah groundbreaking, LPS sudah, OJK yang belum kan. Kemudian juga nanti beberapa bank, termasuk, saya mohon maaf sudah membocorkan (Bank Mandiri),” jelasnya.

Dirinya menargetkan investasi yang masuk di IKN untuk publik dan swasta sebesar Rp100 triliun. Investasi publik sendiri mencakup BUMN dan lembaga non pemerintah.

“Target 2024 Rp100 triliun investasi ya. Investasi itu bisa publik dan swasta. Publik itu contohnya ada BUMN juga yang akan investasi, kemudian ada lembaga non pemerintah seperti LPS, OJK, BI kan non pemerintah mudah-mudahan tercapai,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *