Proyek Pengendalian Banjir Masih Jadi Prioritas Pemkot Samarinda di 2024

Bagikan :

Mahakata.com – Andi Harun, Wali Kota Samarinda, memastikan program penanganan banjir masih jadi prioritas di tahun 2024.

“Kami terus berupaya melakukan berbagai langkah untuk mengatasi masalah banjir yang sering melanda Samarinda,” kata Andi Harun, Senin (8/1/2024).

Menangani masalah banjir di Kota Tepian, Pemkot Samarinda terus berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kaltim dan Balai Wilayah Sungai (BWS).

“Salah satu program yang kami lakukan adalah pembebasan lahan permukiman warga di kawasan bantaran sungai, yang menjadi salah satu penyebab banjir. Kami juga melakukan normalisasi parit, pembangunan drainase, pengerukan sungai, dan pembangunan Siring sungai,” jelsnya.

Andi Harun menyebut APBD Samarinda 2024 mengalami kenaikan menjadi Rp5,1 triliun.

“Kenaikan APBD ini merupakan hasil dari optimalisasi pendapatan daerah, baik dari pajak, retribusi, maupun dana perimbangan dari pemerintah pusat,” tegasnya.

Dirinya menegaskan fokus pembangunan Kota Samarinda pada 2024 masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni pengendalian banjir dan penataan infrastruktur kota.

“Kami akan terus mempercepat pembangunan waduk, saluran drainase, dan pompa air di titik-titik rawan banjir,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *