Progres Pembangunan Jaring Pipa Air Minum ke IKN Paket 1 Capai 71,6 Persen dan Paket 2 Capai 83,3 Persen

Bagikan :

Mahakata.com – Dalam agenda kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR RI, meninjau pembangunan jaringan transmisi air minum di IKN.

Hingga saat ini, jaringan pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku IKN, untuk paket 1 sepanjang 5,3 km sudah mencapai 71,6 persen, sedangkan progres paket 2 sepanjang 10,5 km sudah mencapai 83,3 persen.

Atas progres pembangunan ini, Menteri Basuki Hadimuljono meminta Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku IKN Nusantara diberikan proteksi yang memadai.

“Terutama pada segmen-segmen yang terekspos dan jembatan pipa, sehingga tidak rentan dari aksi vandalisme,” kata Menteri Basuki.

Dirinya mengapresiasi pelaksanaan pekerjaan pemasangan pipa transmisi dan jalan inspeksi yang menurutnya berjalan bagus dan rapi.

Dengan pipa baja berdiameter 1.000 mm sepanjang hampir 15,9 km, Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM Sepaku berfungsi untuk mengalirkan air minum dari Instalasi Pengolahan Air Minum menuju reservoir induk berkapasitas 2×6.000 m3.

“Lingkup pekerjaannya terbagi menjadi dua paket yang meliputi pembangunan jalan inspeksi, steel pipe cement lining, Penerangan Jalan Umum, shelter, green belt, jembatan jalan inspeksi, dan vegetasi,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *