PPU Bakal Jadi Destinasi Wisata IKN, Pj Gubernur Kaltim Dorong Peningkatan Pariwisata dan Hotel

Bagikan :

Mahakata.com – Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, mendorong Penajam Paser Utara (PPU) memaksimalkan pembangunan dan pengembangan dunia pariwisata dan perhotelan.

Hal itu lantaran Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjadi destinasi tujuan bagi warga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Seiring dengan pertambahan dan pertumbuhan penduduk IKN, terdiri aparatur sipil negara (ASN), jajaran TNI dan Polri beserta keluarga, juga pegawai kementerian/lembaga serta perwakilan dari berbagai negara di dunia.

Untuk itu, keberadaan kawasan dan objek wisata serta fasiltas penunjang lainnya, seperti sarana akomodasi (hotel) harus ada, bahkan bagus dan layak bagi pengunjung dari IKN maupun provinsi lain di Indonesia.

“Kawasan ini memiliki potensi yang bagus dan harus dikelola secara profesional,” kata Akmal Malik.

“Kalau kita mengelola akomodasi dengan remote seperti ini, pendekatan biasa-biasa saja, maka kita akan ketinggalan dan tamu nanti akan selalu pergi ke Balikpapan,” lanjutnya.

Akmal Malik berharap para pengelola akomodasi di bufferzone (daerah penyangga) agar mengembangkan sarana akomodasi dengan standar nasional bahkan internasional.

Dirinya juga mengapresiasi pengelola kawasan hotel dan masyarakat yang taat menjaga dan memeilihara lingkungan, seperti kawasan hutan bakau (mangrove).

“Saya tadi pagi-pagi sekitar satu jam berjalan kaki juga naik paddling dan sudah melihat bakaunya. Alhamdulillah mangrovenya dipelihara dan terjaga dengan baik,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *