Perusahaan Pemegang IUP di Kaltim Ditekankan Bantu Memaksimalkan Ketahanan Pangan Daerah

Bagikan :

Mahakata.com – Pemprov Kaltim bersama Pemkab Kukar menggelar pertemuan bersama sejumlah pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang beroperasi pada kawasan Kutai Kartanegara.

Dalam agenda itu, Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, mengatakan pertemuan bertajuk Executive Meeting dalam rangka melakukan upaya-upaya pembangunan ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Timur, salah satunya dengan mengembangkan sistem pertanian modern.

“Kita berdiskusi tadi membicarakan bagaimana nanti Kutai Kartanegara bisa menjadi percontohan kontribusi dari pemilik tambang untuk membangun ketahanan pangan di Kaltim,” kata Akmal Malik.

Setelah berdiskusi, jajaran Pemkab Kukar bersama sekitar 40 pemilik IUP di Kutai Kartanegara berkunjung ke beberapa greenhouse dan peternakan domba yang ada di wilayah Hambalang, Kabupaten Bogor.

“Tadi kami sudah ajak jalan ke beberapa greenhouse dan juga peternakan domba di wilayah ini,” jelasnya.

“Mudah-mudahan itu bisa kita kembangkan di Kaltim. Dan insyaallah Pak Bupati sudah menyiapkan lahan sekitar 50 hektare di wilayah Kutai Kartanegara,” lanjutnya.

Akmal Malik menegaskan pertemuan ini menjadi langkah awal untuk orkestrasi, untuk kebersamaan, untuk kolaborasi dan untuk memastikan upaya-upaya penanganan ketahanan pangan di Kaltim bisa berjalan dengan baik.

“Kami yakin dengan kontribusi teman-teman swasta, pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi, kita akan bisa membangun ketahanan di Kaltim,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *