Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kaltim, Akmal Malik Tegaskan Jadi Pemupuk Jiwa Patriotisme

Bagikan :

Mahakata.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 di halaman parkir, komplek Gelora Kadrie Oening, Sabtu (28/10/2023).

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik memimpin apel upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kaltim.

Akmal Malik menyampaikan dalam momentum HSP ini seyogyanya menjadi pengingat bagi bangsa indonesia akan pentingnya gotong royong terkhusus bagi para pemuda.

“Momentum ini juga menjadi ajang untuk menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam sumpah pemuda 1928,” kata Akmal Malik.

Dengan mengambi taema ‘Bersama Majukan Indonesia’ Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

Di mana Inklusifitas kolaborasi lintas generasi telah membangun rasa percaya diri bahasa sekarang para kaum muda mendapatkan posisi terhormat dalam pembangunan Nasional.

“Kaum muda juga harus memiliki penguasaan terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital. Hal itu menjadi suatu aspek yang harus di seriusi,” ujarnya.

Oleh karenanya, setiap pemuda harus mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 Tahun mendatang agar pembangunan dapat berjalan dengan cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan gotong royong lintas generasi dan lintas sektor.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkanĀ  semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” harap Akmal.

Menurutnya kerja kolaboratif itu sesuai dengan amanah UU No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan dan sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 Tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agarĀ  Implementasi Koordinasi lintas sektir tersebut efektif menuju pencapaiam Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *