Pemprov Kaltim Lakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Beasiswa Kaltim Tuntas 2019-2023

Bagikan :

Mahakata.com – Penghujung RJPMD 2019-2023, Pemprov Kaltim melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT).

Diketahui sejak program dilaksanakan pada 2019, Beasiswa Kaltim Tuntas secara total telah teralokasi Rp1,27 triliun dengan penerima manfaat sebanyak 213.031 orang.

Untuk capaian RPJMD 2019-2023 terkait penyaluran Beasiswa Kalimantan Timur adalah 187,66 persen hingga APBD Murni 2023 dan 220,3 persen setelah ditambahkan dengan APBD Perubahan 2023.

“Kita berharap agar niat baik Pemprov Kaltim dan komitmen kepala daerah untuk mengalokasikan Beasiswa Kalimantan Timur bisa tepat sasaran, tertib administrasi, memberi manfaat dan bukan sekadar hibah atau bantuan sosial,” kata Sri Wahyuni, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim.

Sri Wahyuni memberikan apresiasi kepada jajaran Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur (BPBKT) yang berhasil membuat sebaran alokasi beasiswa menyeluruh ke semua kabupaten dan kota di Kaltim.

“Sebaran dan jangkauan Beasiswa Kalimantan Timur ini luar biasa dan¬†terbesar di seluruh provinsi di Indonesia. Ini menunjukkan komitmen Kaltim pun luar biasa untuk pembangunan SDM,” jabarnya.

Sri Wahyuni menegaskan BKT harus mampu dampak terhadap peningkatan SDM Kaltim yang  berdaya saing.

“Harapan kita, mereka yang menerima Beasiswa Kalimantan Timur itu berpeluang untuk mengisi serapan tenaga kerja di Kaltim, IKN maupun luar Kaltim. Bagaimana kita bisa membuat proyeksi jaminan itu,” tandasnya.

Ketua BP-BKT, Iman Hidayat, menjelaskan pihaknya akan terus melakukan perbaikan dari penyelenggaraan program unggulan Kaltim ini.

“Kita akan terus sempurnakan,” ungkap Iman Hidayat.

Kepada Sekda Sri Wahyuni dan peserta FGD, Iman juga menjelaskan berbagai hal tentang BKT. Juga soal kategori, karakteristik dan sebaran BKT. Termasuk terkait ruang pengaduan dan penanganan permasalahan.

“Kita siapkan ruang untuk pengaduan dan kami akan beri penjelasan. Yang jelas, penyelenggaraan BKT kami lakukan dengan sangat-sangat transparan,” jelas Iman.

Semua proses dan informasi terkait BKT dapat diakses oleh masyarakat melalui laman https://beasiswa.kaltimprov.go.id/.

Dia juga mengungkap penerima Beasiswa Kalimantan Timur secara gender terbagi menjadi 65 persen perempuan dan 35 persen laki-laki. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *