Pemprov Kaltim Gelar Rapat Evaluasi Kinerja 2023, Akmal Malik Soroti 11 OPD Serapan Dibawah 75 Persen

Bagikan :

Mahakata.com – Penghujung tahun 2023, Pemprov Kaltim menggelar rapat evaluasi kinerja 2023.

Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, memberi sejumlah catatan terkait serapan anggaran dan beberapa kegiatan yang tidak bisa terlaksana pada 2023.

“Saya mengapresiasi sejumlah kemajuan yang telah dicapai. Tapi saya juga harus memberi catatan untuk beberapa urusan,”  kata Akmal Malik, Jumat (29/12/2023) kemarin.

Berdasarkan data belanja anggaran Pemprov Kaltim, per 24 Desember 2023, realisasi belanja 11 OPD kurang dari 74,99 persen.

Akmal Malik menekankan OPD harus meningkatkan kualitas kinerja perencanaan sehingga serapan anggaran lebih baik lagi.

“Kalau memang ada tambahan anggaran harus dipastikan dulu. Harus  bisa kita bisa eksekusi dalam waktu singkat. Eksekusi dalam waktu yang cepat,” jelasnya.

Dalam agenda itu, Pj Gubernur Kaltim juga menyoroti pekerjaan-pekerjaan yang kemungkinan tidak bisa diselesaikan hingga akhir 2023 sebesar Rp140,2 miliar di 8 OPD dengan total 46 proyek.

Meski demikian, persentase tersebut diperkirakan akan terus bertambah mengingat saat ini banyak kegiatan sudah masuk dalam prognosis proses pencairan.

“Prediksinya realisasi belanja secara umum di atas angka 90 persen,” tegasnya.

Untuk meningkatkan lagi serapan belanja di tahun mendatang, Pj Gubernur Akmal Malik minta agar seluruh pimpinan OPD meningkatkan kinerja perencanaan dengan komunikasi yang lebih intensif baik kepada kabupaten/kota, pusat maupun legislatif, serta mitra pembangunan lainnya.

“Saya sebagai Pj Gubernur sangat menikmati kerja sama dengan bapak ibu sekalian. Mudah-mudahan kerja-kerja kita bermanfaat bagi Kalimantan Timur dan semakin baik lagi di masa depan,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *