Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda Kerjasama Tangani Persoalan Banjir di Kota Tepian

Bagikan :

Mahakata.com – Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda membahas soal penanganan dan pengendalian banjir di Kota Tepian.

Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, mengatakan permasalahan banjir yang sering terjadi di Samarinda harus segera diatasi secara bersama antara Pemkot Samarinda dengan Pemprov Kaltim.

“Kita apresiasi atas usulannya terkait beberapa proyek pembangunan untuk pengendalian banjir di Samarinda,” kata Akmal Malik.

Dirinya menyebut komunikasi dalam upaya pengendalain banjir cukup bagus dan konsultan sudah memaparkan beberapa titik banjir yang terjadi di Samarinda.

“Samarinda ini daerahnya cekungan dan  membutuhkan pembangunan kanal,  termasuk pengadaan pompanisasi. Kita hitung beberapa titik genangan banjir,” jabarnya.

Akmal minta untuk mengidentifikasi titik banjir yang harus diintervensi lebih awal, sehingga musim hujan ini sudah disiapkan segera pompa yang baru dan besar kapasitasnya.

“Kunci persoalan banjir itu adalah ketepatan kita untuk mengidentifikasi titik banjir dan kecepatan kita bertindak, didukung  sarana pompanisasi yang memadai, sehingga bisa cepat mengatasi masalah banjir,” paparnya.

Pj Gubernur Kaltim meminta Pemkot Samarinda juga bisa mengidentifikasi penyebab terjadinya banjir, apakah aliran air dari daerah tetangga atau hanya sebab curah hujan yang tinggi.

“Harus diidentifikasi dengan jelas, kalau penyebab banjir kiriman dari tetangga, kita akan undang pemerintah daerah tersebut, dan Pemprov Kaltim nanti akan memfasilitasinya,” tagasnya.

“Tetapi kalau sebab curah hujan tinggi, maka kita harus bersama-sama mengoptimalkan peran Pemkot Samarinda dan Pemprov Kaltim akan tetap membantu, dan pompanisasi menjadi salah satu alternatif,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *