Pemkot Samarinda dan Korem 091/ASN Lakukan Kolaborasi Bersihkan Sungai Karang Mumus Dari Sampah

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkot Samarinda berkolaborasi dentan TNI guna menjaga kebersihan sungai.

Andi Harun, Wali Kota Samarinda, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Komandan Korem 091/ASN untuk pembersihan sampah di Sungai Karang Mumus (SKM).

“Kami mendapat sambutan baik. Rencananya bulan ini kerja sama dalam bentuk formal akan disusun dan direalisasikan untuk meningkatkan kualitas sungai,” kata Andi Harun.

TNI akan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menjaga kebersihan SKM khususnya dari sampah dengan menginisiasi kegiatan pembersihan sampah bulanan yang diberi nama Gerakan Perahu Ketinting Pengumpul Sampah SKM.

“Nantinya DLH akan bertanggung jawab untuk pengangkutan sampah. Kegiatan pengangkutan ini harus dilakukan setiap hari, tidak bisa hanya seminggu atau sebulan sekali, karena pasang-surut Sungai Mahakam turut membawa sampah ke Sungai Karang Mumus,” tegasnya.

“Anggaran juga akan dibicarakan dalam pembahasan kerja sama. Pemerintah juga akan turun mensosialisasikan program ini. Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan SKM yang bersih,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *