Otorita IKN Pastikan Kesiapan Fasilitas Kesehatan Penduduk Sekitar dan Warga Segera Pindah ke Nusantara

Bagikan :

Mahakata.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) berupaya menyiapkan fasilitas kesehatan yang berkualitas bagi warga Nusantara.

Untuk itu, Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas kesehatan di Kecamatan Sepaku yaitu Puskesmas Semoi II, Puskesmas Sepaku I, dan UPT. Puskesmas Sepaku III.

Lewat kunjungan itu, pihaknya hendak memastikan fasilitas kesehatan tidak hanya memenuhi standar kelayakan, tetapi juga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat sekitar serta masyarakat yang akan segera menempati Ibu Kota Nusantara.

“Kesehatan masyarakat adalah prioritas utama kami dalam membangun Ibu Kota Nusantara yang baru. Kami berkomitmen untuk menyediakan fasilitas kesehatan yang terbaik, memastikan setiap penduduk dapat mengakses perawatan kesehatan yang memadai. Ini adalah langkah nyata dalam membangun lingkungan yang sehat dan berkelanjutan,” kata Bambang Susantono.

Fokus peningkatan kualitas layanan kesehatan di wilayah sekitar Nusantara perlu melibatkan peningkatan SDM dengan penambahan tenaga medis.

Ketersediaan alat kesehatan dan standar bangunan rumah sakit juga perlu diperhatikan, khususnya dalam revitalisasi RSUD dan puskesmas di Sepaku, yang mengusung konsep smart and green building.

Persiapan layanan kesehatan juga memerlukan sinergi bersama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) serta koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Sepaku. Untuk itu perlu dilakukan percepatan dan revitalisasi pelayanan kesehatan.

“Langkah-langkah ini diharapkan membentuk pusat layanan kesehatan yang efisien bagi masyarakat yang akan menempati kawasan tersebut,” tegasnya.

“Dengan langkah-langkah progresif ini, Otorita IKN menegaskan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang ramah, aman dan nyaman bagi setiap orang yang berada di Ibu Kota Nusantara,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *