Otorita IKN Lakukan Persiapan Groundbreaking Tahap Lima Proyek IKN

Bagikan :

Mahakata.com – Bambang Susantono, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyebut pihaknya melakukan persiapan groundbreaking tahap kelima di kawasan IKN.

Rencananya, groundbreaking tahap kelima itu akan dilakukan dalam satu sampai dua bulan ke depan

“Kita lihat sudah ada empat kali groundbreaking dan dalam satu-dua bulan lagi kita akan lakukan (groundbreaking tahap lima) nanti,” kata Bambang Susantono.

“Tapi yang ingin saya sampaikan bola (pembangunan) itu sudah mulai menggelinding, bola salju itu. Terus nanti kita lihat siapa yang maju duluan, siapa yang maju duluan siapa yang enggak gitu kan. Sebenarnya ini strategi bisnis dari masing-masing entitas,” lanjutnya.

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan groundbreaking tahap keempat di IKN dengan memulai pembangunan sejumlah proyek, antara lain pembangunan gedung RRI, PT Pos Indonesia, dan training center PSSI.

Bambang melanjutkan, hingga Januari 2024 ini pembangunan IKN secara total sudah mencapai 71,47 persen.

Capaian pembangunan itu terdiri dari empat tahap groundbreaking yang sudah dilaksanakan pada September, November, Desember 2023, dan Januari 2024.

Ada delapan sektor utama yang dibangun termasuk hotel, hunian, ritel dan logistik, perkantoran, pendidikan, kesehatan, energi dan transportasi, serta area hijau.

Menurut Bambang total investasi yang telah masuk untuk pembangunan IKN saat ini mencapai Rp47,5 triliun, dengan porsi investasi swasta mencapai Rp35,9 triliun.

“Saat ini sudah ada sekitar 350 letter of Intent (LoI) yang diterima oleh Otorita IKN dan tengah dikaji. Proses yang mendetail dilakukan untuk dapat memberikan kerja sama yang saling menguntungkan, terutama bagi pembangunan IKN,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *