Menhub RI Ajak China Bangun Kereta Tanpa Rel di IKN

Bagikan :

Mahakata.com – Budi Karya Sumadi, Menteri Perhuhungan (Menhub) RI, mengajak China berinvestasi membangun kereta tanpa rel atau biasa disebut Automated Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Usulan pembangunan ini disampaikan ke China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC).

Budi Karya memaparkan Pemerintah Indonesia ingin menggunakan satu set Kereta Otonom dari CRRC untuk pengoperasiannya di IKN.

“Satu set kereta terdiri dari tiga gerbong, berkapasitas 307 penumpang, memiliki kecepatan operasional 40 km/jam dan kecepatan maksimal 70 km/jam,” kata Budi Karya Sumadi, usai bertemu dengan Menteri Transportasi Republik Rakyat China Li Xiaopeng.

Menindaklanjuti pertemuan itu, CRRC dikabarkan akan membawa unit Kereta Otonom ke Indonesia, sebagai etalase pameran yang akan diselenggarakan di IKN sekitar bulan Juli 2024.

Kesempatan ini menjadi ajang demonstrasi kemampuan dari Kereta Otonom.

“Indonesia meminta dukungan Pemerintah China untuk mengundang pihak-pihak swasta dapat melakukan investasi proyek perkeretaapian di kota-kota besar di Indonesia seperti di Bandung, Semarang, dan Makassar,” jelasnya.

Tidak hanya di bidang perkeretaapian, ajakan terhadap China juga untuk berinvestasi di bidang penerbangan, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan penerbangan di daerah yang memiliki landasan pacu/runway yang cukup pendek, serta kerja sama peningkatan kapasitas SDM di bidang penerbangan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *