KPU Samarinda Buka Pendaftaran Rekrutmen KPPS Mulai 11-20 Desember 2023, Butuh 17 Ribu Petugas

Bagikan :

Mahakata.com – KPU Samarinda mulai membuka pendaftaran rekrutmen kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada 11 hingga 20 Desember 2023 mendatang.

Firman Hidayat, Ketua KPU Samarinda, mengatakan pihaknya berencana merekrut sekitar 17.941 petugas KPPS untuk bertugas di 2.563 tempat pemungutan suara (TPS).

“Informasi pendaftaran anggota KPPS ini harus lebih disebarluaskan lagi. Komunikasikan juga dengan seluruh RT,” kata Firman.

Dirinya mendorong generasi milenial dan gen Z turut berpartisipasi menjadi anggota KPPS. Hal itu lantaran, diperlukan petugas KPPS untuk mengoperasikan aplikasi dalam pemungutan suara.

“Saat pelaksanaan pemilu, akan memakai aplikasi yang namanya Sirekap dan minimal ada dua anggota yang bisa mengoperasikan itu,” jelasnya.

Diketahui, PPS dan KPPS jadi komponen dalam pelaksanaan pemungutan suara dalam ajang pemilihan umum (pemilu). Keduanya juga mempunyai pengertian dan tugas yang berbeda.

PPS merupakan panitia yang membantu proses pemungutan suara di suatu TPS (tempat pemungutan suara).

Sedangkan KPPS adalah organisasi yang mengkoordinir jalannya proses pemilu di semua TPS dengan cakupan wilayah yang lebih luas dari PPS. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *