KPU Kaltim Tegaskan Logistik Pemilu 2024 Sudah Didistribusikan 100 Persen ke Kabupaten/Kota

Bagikan :

Mahakata.com – Proses distribusi logistik Pemilu 2024 sudah dilaksanakan 100 persen oleh KPU Kaltim ke kabupaten/kota.

Rudiansyah, Ketua KPU Kaltim, mengatakan pihaknya menjadwalkan proses distibusi dari KPU kabupaten/kota ke TPS pada 14 Februari 2024.

“Para penyelenggara tinggal menunggu instruksi untuk melaksanakan tahapan pengiriman logistik untuk dikirim ke TPS pada 14 Februari mendatang,” kata Rudiansyah.

“Seluruhnya sudah 100 persen. Sebelumnya sempat ada kekurangan surat suara sekitar 0,48 persen dari jumlah kebutuhan,” lanjutnya.

Selanjutnya, KPU kabupaten/kota mengajukan pemenuhan kebutuhan sesuai jumlah DPT yang ada plus 2 persen surat suara cadangan lewat aplikasi Sistem Informasi Logistik (Silog).

“Dari crosscheck itu KPU Kaltim berkoordinasi dengan KPU RI dan penyedia untuk pemenuhan kekurangan itu,” jelasnya.

Pada awal Februari ini, kekurangan logistik itu sudah diterima dan KPU Kaltim mendahulukan pengiriman ke daerah terjauh yang mengalami kekurangan surat suara sesuai kebutuhannya. Seperti Mahulu atau Berau.

Terkait pendistribusian seluruh logistik, sambung Rudi, akan melewati beberapa tahap.

Logistik yang sudah disortir di gudang logistik masing-masing KPU di kabupaten/kota se-Kaltim akan dikirim terlebih dahulu ke PPK di kecamatan yang ada untuk diverifikasi jumlah kebutuhan dan kualitas logistik. Selanjutnya diteruskan ke PPS di kelurahan atau desa.

“Untuk ke TPS itu pada 13 Februari malam atau 14 Februari dini hari. Ini untuk memastikan logistik itu tak disalahgunakan,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *