Kodam VI Mulawarman Kerahkan 6000 Personel TNI Jaga Keamanan Pemilu 2024 di Kalsel, Kaltim, dan Kaltara

Bagikan :

Mahakata.com – Jelang Pesta Demokrasi pada 14 Februari mendatang, sejumlah persiapan terus dilakukan. Termasuk siaga keamanan dari jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ada di Bumi Mulawarman.

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, menerangkan kesiapan keamanan dari TNI sudah seharusnya dilakukan untuk mensupport kegiatan membantu Pemerintah Daerah dalam pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu).

Sebanyak 6000 personel TNI diakuinya dikerahkan untuk mengamankan tiga daerah yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

“Kami sudah menyiapkan personel maupun materil dalam rangka untuk mendukung kegiatan pengamanan yang juga akan dikendalikan Bapak Kapolda tentunya. Dalam hal ini 6000 personel kami bagi 3 daerah yang kami sebutkan, itu juga akan ada dibawah Komandan Korem yang ada disana,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pangdam merincikan jumlah personel yang terbagi di Kaltim sebanyak 2.700 orang, kemudian Kaltara sekitar 1.000 personel lebih dan untuk Kalsel ada 2.300 orang.

Adapun jumlah personel yang ada harus mencakup seluruh daerah-daerah terpencil baik itu dari tingkat Koramil, Kodim sampai dengan Korem.

“Jadi jumlah itu semua kami memantau pergerakan personel kami disana, kemudian alutsista yang kami siapkan mulai helikopter, pesawat cassa, truk-truk, ambulance, mobil jihandak dan kendaraan yang dipakai Babinsa kami siapkan untuk menyiapkan pengamanan Pemilu agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *