Kesbangpol Samarinda Optimis Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 Capai 80 Persen

Bagikan :

Mahakata.com – Pemungutan suara Pemilu 2024 sudah berlangsung pada Rabu (14/2/2024) kemarin.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Samarinda, Sucipto Wasis, optimis partisipasi pemilih di Kota Tepian bisa mencapai 80 persen.

Hal itu dilihat dari antusiasnya warga Kota Tepian memberikan hak suaranya di Pemilu 2024.

“Kami bersama-sama dengan Wali Kota Samarinda, Wakil Wali Kota Samarinda dan forkopimda mengunjungi beberapa TPS yang ada di Samarinda. Pada prinsipnya masyarakat berantusias untuk melaksanakan pemilu ini dengan datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya,” kata Wasis.

“Kita perkirakan akan lebih banyak dari pilpres sebelumnya, jika dilihat dari rata-rata bisa mencapai 80 persen atau lebih. Kalau tahun lalu sekitar 70 persen saja. Meningkat paling tidak antusiasnya, dan Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar,” lanjutnya.

Untuk hal-hal yang dapat menjadi kendala dalam pemilu, pihaknya pun telah berkoordinasi untuk mengantisipasi jika terdapat kekurangan surat suara dan gangguan-gangguan lainnya.

“TPS ini tentunya kita pilih sebagai beberapa contoh atau sampel saja, berjalan dengan baik dan dalam pelaksanaan ini tidak ada hambatan. Walaupun misalkan kurang kartunya, sudah bisa di atasi dari TPS yang lain untuk menutupi kekurangan itu, dan semoga tidak ada lagi keributan-keributan di dalam perhitungan suara,” tegasnya.

Sementara untuk jumlah pemilih dan total TPS yang ada, ia turut memaparkan beserta jumlah daftar pemilih tetap yang ada di Kota Samarinda sebagai berikut.

“Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Samarinda sebanyak 604.420 orang, untuk pemilih laki-laki berjumlah 304.831, dan pemilih perempuan sebanyak 299.589 orang. Kita tentunya juga memiliki TPS khusus seperti untuk di rutan, kampus dan lainnya sebanyak 14 TPS,” sebutnya.

Ia berharap dengan segala persiapan yang ada, proses pesta demokrasi tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Jadi di dalam 10 Kecamatan dan 59 Kelurahan, dengan jumlah 2.563 TPS. Alhamdulillah mudahan hari ini bisa berjalan lancar dan baik, mengingat cuaca juga mendukung,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *