Jalan Tembus Sambutan ke Sungai Pinang Belum Berfungsi Maksimal, Terkendala LPJU, Dishub Masih Cari Solusi Sumber Listrik

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkot Samarinda beberapa waktu lalu meresmikan jalan alternatif menghubungkan Kecamatan Sambutan dengan Kecamatan Sungai Pinang.

Peresmian jalan tembus ini diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Gunung Manggah, Jalan Jalan Otto Iskandardinata.

Meski begitu, jalan alternatif ini belum berfungsi secara maksimal lantaran belum memiliki lampu penerangan jalan umum (LPJU).

Hotmarulitua Manalu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda, memaparkan pihaknya telah melakukan survei dan akan segera membuat perencanaan untuk pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU).

“Kami sudah survei dan akan kami kaji untuk perencanaannya. Semoga di pertengahan jalan, antara Jalan Merdeka A dan B, bisa dipasang LPJU,” kata Manalu.

Kendala yang dihadapi pihaknya lantaran tidak ada sumber listrik di sepanjang jalan alternatif ini, sehingga PLN perlu membangun trafo baru untuk menyediakan pasokan listrik.

“Kendalanya dari PLN. Kalau di jalan alternatif ini ada rumah warga, kemungkinan bisa kita pasang LPJU di anggaran perubahan,” tegasnya.

“Nanti hitungan lampu jalan itu lihat dari lebar jalan, kemudian tinggi tiang dan watt lampunya,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *