DPRD Kaltim Beri Dukungan Penuh Persiapan Logistik Pemilu 2024 ke Kabupaten/Kota

Bagikan :

Mahakata.com – KPU RI mulai melakukan pengiriman logistik Pemilu 2024 ke seluruh daerah secara bertahap.

Kaltim saat ini telah menerima sekitar 40 persen logistik Pemilu 2024.

DPRD Kaltim memastikan akan memberikan dukungan penuh pada persiapan logistik Pemilu 2024 ke kabupaten/kota di Bumi Mulawarman.

“Terkait kecukupan anggaran Pemilu di daerah, kekurangan itu pasti akan kami dorong untuk dibenahi. Saya di Badan Anggaran DPRD, tidak ada alasan KPU tidak berjalan karena anggarannya kurang. Kita mendukung penuh,” kata Jahidin, Anggota Komisi I DPRD Kaltim.

Jahidin menjelaskan DPRD Kaltim selaku mitra KPU dan Bawaslu, akan memberikan dukungan penuh untuk memfasilitasi peraga-peraga Pemilu dan infrastruktur lainnya.

“Logistik KPU, salah satu faktor krusial yang menentukan kesuksesan lemilu. KPU harus memastikan logistik seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta, dan lain-lain sudah tersedia dan terdistribusi dengan baik ke seluruh TPS,” jelasnya.

Jahidin meminta logistik pemilu terdistribusi dengan kondisi baik dan tepat waktu, terutama di daerah-daerah terpencil yang memiliki tantangan geografis.

“Kalau bisa didistribusikan tepat waktu dan persiapan logistik bisa 100 persen dalam waktu dekat. Jadi mulai sedini mungkin harus dipersiapkan, sehingga pada saat pelaksanaan pemilihan itu tidak ada alasan kendala logistik,” lanjutnya.

Jahidin menyebut akses jalan geografis Kaltim, tak bisa disamakan dengan akses di Pulau Jawa yang bisa ditempuh dalam 24 jam. Dia menyebut logistik Pemilu bisa saja tiga hari baru sampai ke lokasi.

“Imbauan saya kepada saudara-saudara di KPU daerah, segera dimatangkan semua persiapan. Soal anggaran, kami akan optimalkan untuk dialokasikan seoptimal mungkin,” paparnya.

Jahidin menegaskan logistik KPU harus memenuhi standard kualitas dan keamanan yang tinggi sehingga tidak mudah rusak, hilang, atau dicurangi.

“KPU harus melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat terhadap logistik Pemilu, baik sebelum, saat, maupun sesudah pemungutan suara,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *