Cegah Lonjakan Penumpang Saat Libur Nataru, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Buka Posko Layanan

Bagikan :

Mahakata.com – Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, bersiap melayani arus mudik selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pengelola bandara, PT Angkasa Pura I Balikpapan telah membuka Posko Nataru sejak 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Hal itu dilakukan guna mencegah lonjakan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru.

Ahmad Syaugi Shahab, General Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan, menyebutkan jumlah penumpang dan penerbangan diperkirakan akan tumbuh signifikan selama Nataru.

“Kami memprediksi jumlah pesawat akan naik 16 persen menjadi 2.323 pesawat dan jumlah penumpang akan naik 36 persen menjadi 276.907 penumpang,” kata Syaugi.

Peningkatan ini sejalan dengan tren kenaikan penumpang dan penerbangan sepanjang tahun 2023 yang mencapai 38 persen dan 26 persen dibandingkan tahun 2022.

Untuk mengakomodasi arus Nataru, PT Angkasa Pura I Balikpapan juga telah menambah jadwal penerbangan.

Rata-rata, ada 219 penerbangan pulang pergi per hari selama Nataru. Puncak arus penumpang diperkirakan terjadi pada 22 Desember, 29 Desember, dan 2 Januari. dengan jumlah masing-masing 11.245 orang, 10.266 orang, dan 11.136 orang.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I Balikpapan juga terus melakukan pembenahan fasilitas bandara. Seperti AC, toilet, dan atap.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang. Kami akan selesaikan perbaikan fasilitas hingga Februari 2024,” tegasnya.

Diketahui, Bandara SAMS Sepinggan merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Kalimantan. Bandara ini melayani penerbangan domestik dan internasional, serta menjadi pusat maskapai penerbangan nasional dan asing.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *