Baru 26 Persen, Pemkab PPU Target 2024 Pelayanan Air Bersih di Daerah Capai 45 Persen

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) menarget peningkatkan layanan air bersih lebih besar di tahun 2024 ini.

Diketahui, layanan air bersih di PPU saat ini baru mencapai 26 persen.

Untuk itu, Pemkab PPU menarget pada 2024 ini pelayanan air bersih di Banuo Taka bakal mencapai 45 persen ke seluruh daerah.

“Selama ini, baru 26 persen masyarakat yang bisa menikmati layanan air bersih dari Perumda Air Minum Danum Taka,” kata Makmur Marbun, Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara.

Dirinya mendorong Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka untuk terus melakukan perluasan cakupan layanan air bersih.

Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara diminta bekerja maksimal, sehingga mampu memberikan layanan air bersih yang dapat dirasakan langsung seluruh masyarakat setempat.

Pemkab Penajam Paser Utara komitmen membantu peningkatan pelayanan air bersih Perumda Air Minum Danum Taka dari pemerintah pusat melalui instruksi presiden (inpres ) menyangkut air bersih.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyetujui usulan Pemkab Penajam Paser Utara bakal memasang 1.701 sambungan rumah baru pada 2024.

“Kami sudah sampaikan usulan berkaitan dengan inpres itu, dan disetujui pemerintah pusat,” jelasnya.

Pemkab Penajam Paser Utara terus memperluas jangkauan pelayanan air bersih dengan penambahan sambungan langganan di tingkat kecamatan.

Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2024 kabupaten juga menyiapkan dana untuk melakukan antarsambungan (interkoneksi) jaringan perpipaan ke wilayah pesisir Kecamatan Penajam, di Kelurahan Tanjung Tengah, Saloloang dan Kelurahan Sesumpu, demikian Makmur Marbun.

“Kami terus upayakan setiap tahun cakupan layanan air bersih terus bertambah dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *